10 Tips Sukses Berbisnis
sukses berbisnis

10 Tips Sukses Berbisnis

Share Artikel

Sukses dalam berbisnis memang tidak mudah, namun segala sesuatunya pasti akan menjadi mudah apabila ada kemauan dan kerja keras. Dan tentu saja perlu belajar dengan orang-orang yeng sudah lebih dulu berhasil dalam bisnisnya. Carlos Slim contohnya, penghasilan bersihnya sekarang mencapai $ 75 milyar. Pencapaiannya ini menjadikan ia sebagai orang terkaya di dunia. Berikut ini Ia akan berbagi beberapa tips sukses. Mari kita simak.

  1. Memiliki struktur organisasi yang sederhana

    Untuk memulai sebuah bisnis tidak perlu memiliki struktur organisasi yang rumit. Cukup dengan memiliki struktur organisasi yang sederhana saja. Dengan begitu, akan dapat lebih mudah untuk mengaturnya. Jika saat memulai sudah membentuk struktur organisasi yang rumit, maka Anda akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengatur struktur organisasi saja.

    Sedangkan bisnis yang baru saja dirintis masih perlu pengaturan untuk segala sesuatunya. Seperti promosi. Promosi sangat penting dilakukan agar bisnis Anda dapat diketahui oleh orang banyak. Selain itu, peningkatan kualitas juga sangat diperlukan bagi bisnis yang baru dirintis. Agar dapat menjaga dan bahkan menambah konsumen. Maka dari itu struktur organisasi yang sederhana akan lebih membantu. Sebagai contoh, pada suatu bakery yang baru saja dibuka, susunlah struktur organisasi sesuai dengan yang paling dibutuhkan seperti, owner, koki, kasir, dan marketing.

  2. Mempertahankan penghematan

    Hemat pangkal kaya, begitu kata pepatah. Dalam sebuah bisnis pun penghematan sangat perlu dilakukan. Bijaklah dalam mengatur pengeluaran. Karena dalam bisnis akan ada banyak biaya yang tidak terduga. Jika tidak dilakukan penghematan, maka sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Tetapi berhemat bukan berarti pelit. Pelit ialah membatasi pengeluaran yang cenderung merugikan diri sendiri dan orang lain. Sedangkan hemat ialah mengatur pengeluaran dengan bijak.

  3. Fokus pada pertumbuhan

    Tips berikutnya jika ingin sukses dalam berbisnis adalah fokus pada pertumbuhan bisnis. Fokus merupakan kunci keberhasilan dalam menjalankan segala sesuatunya. Jika ingin sukses dalam ujian, maka harus fokus dalam belajar. Begitu juga dengan bisnis. Tanpa fokus pada pertumbuhan bisnis Anda, kemungkinan bisnis tersebut akan “stuck” dan tidak akan berkembang.

    Semakin lama zaman pun akan semakin berkembang. Jika sebuah bisnis tidak mengikuti perkembangan zaman, maka bisnis tersebut tidak akan bisa bertahan lama. Sebagai contoh pemilik sebuah butik harus selalu mengikuti perkembangan mode. Tidak hanya mode di dalam negeri, namun juga mengetahui perkembangan mode dunia. Tahun ini apakah yang sedang menjadi “trend”, begitu juga tahun-tahun sebelumnya. Apabila sebuah butik tidak mengikuti perkembangan mode, maka sedikit demi sedikit butik tersebut akan kehilangan konsumen nya. Dan lama-lama hilang dari pasaran.

  4. Minimalkan hal-hal yang tidak produktif

    Untuk dapat mencapai sukses dalam berbisnis, sebisa mungkin minimalkan hal-hal yang tidak produktif. Seperti menonton tv, melamun dan menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak berguna. Usahakan melakukan hal-hal yang dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi bisnis Anda. Karena dengan mengerjakan atau memikirkan hal-hal yang tidak produktif hanya akan membuang waktu percuma saja. Anda akan kehilangan banyak waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk kemajuan sebuah bisnis.

  5. Bekerja sama

    Bisnis tidak akan bisa berjalan jika dibangun hanya dengan 1 orang saja. Untuk itu diperlukan kerja sama untuk membangun sebuah bisnis. Bekerja samalah dengan orang-orang yang menurut Anda berkompeten di bidangnya. Untuk membuka sebuah restoran, tentu dibutuhkan banyak orang di dalamnya bukan? Anda tidak mungkin bisa menjalankan restoran seorang diri.
    Dalam restoran dibutuhkan koki, waiters atau pramusaji, dan mungkin beberapa orang untuk marketing atau pemasaran. Bisa bayangkan jika sebuah restoran hanya ditangani oleh 1 orang saja? tentu akan sangat kerepotan. Untuk itu sangat dibutuhkan adanya kerja sama dalam mendirikan sebuah bisnis.

  6. Investasikan kembali keuntungan Anda

    Para pebisnis biasanya menggunakan keuntungan untuk keperluan pribadinya. Tetapi dengan begitu akan memungkinkan bisnis tersebut akan “stuck” disitu saja dan tidak ada perkembangan. Untuk itu usahakan untuk menginvestasikan kembali keuntungan yang Anda peroleh. Gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Sedikit demi sedikit maka bisnis akan mengalami pertumbuhan. Dan tentu saja sedikit keuntungan yang telah dikorbankan akan menjadi keuntungan yang lebih besar lagi.

  7. Jadilah dermawan

    Dermawan adalah sifat bermurah hati kepada orang lain. Contoh sederhana nya adalah dengan bersedekah kepada orang yang tidak mampu. Karena Anda tidak akan menjadi miskin hanya dengan bersedekah. Di luar sana masih banyak orang-orang yang tidak lebih beruntung dari Anda. Untuk itu wujud syukur dari nikmat yang sudah diberikan oleh Tuhan adalah dengan sedekah. Bisnis yang dijalani pun tidak akan menjadi bangkrut hanya dengan sedekah. Justru ini akan membuka jalan rezeki Anda.

  8. Tetap optimis

    Optimis adalah sikap yang sangat diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis. Bisnis tidak akan bisa berkembang dan sukses jika dijalankan dengan sikap pesimis. Anda harus yakin bahwa apa yang sedang dibangun akan sukses dan berkembang. Karena apa yang dikerjakan sesuai dengan pikiran. Jika dalam pikiran Anda yang ada hanyalah sikap pesimis dan ketidak yakinan, maka akan berdampak pada apa yang dikerjakan.

    Saat seorang penulis tidak yakin dapat menyelesaikan tulisannya, maka tentu tulisannya tidak akan selesai. Karena dia hanya menghabiskan waktu untuk mencari pembenaran alasan yang mengakibatkan pekerjaannya tidak selesai. Tetapi jika dia yakin dapat menyelesaikan tulisannya, maka dia akan mencari segala solusi dari masalah yang menghambat pekerjaannya. Sehingga dia dapat menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu.

    Begitu juga dengan menjalankan sebuah bisnis. Jika Anda tidak yakin bisnis akan berhasil, tentu saja bisnis tersebut kemungkinan tidak akan berhasil. Tetapi jika Anda optimis dan yakin bisnis tersebut akan berhasil, maka apapun hambatannya akan bisa di hadapi.

  9. Kerja Keras

    Tidak ada kesuksesan yang didapat tanpa adanya kerja keras. Jika ingin bisnis Anda sukses, maka tidak ada waktu lagi untuk bersantai. Diperlukan adanya kerja keras untuk dapat mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Seperti kata pepatah “ berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”. Dalam pepatah tersebut disebutkan untuk dapat bersenang-senang, maka harus bersakit-sakit dahulu. Dalam bisnis pun seperti itu. Tanpa kerja keras, kesuksesan yang Anda inginkan tidak akan bisa terwujud.

  10. Menciptakan Kekayaan

    Apa yang diharapkan di dalam sebuah bisnis yang sukses? Tentu kekayaan. Saat sebuah bisnis telah mencapai kesuksesan, maka secara otomatis kekayaan yang Anda harapkan tentu akan mudah didapatkan.

Leave a Reply

Close Menu
WhatsApp Chat langsung di Whatsapp