5 Hal Tak Boleh Diucapkan Jika Ingin Sukses

5 Hal Tak Boleh Diucapkan Jika Ingin Sukses

Share Artikel

Sebuah perkataan dapat mencerminkan diri Anda. Dengan perkataan pula, suatu relasi dapat menjadi baik atau hancur. Maka berhati-hatilah dalam mengucapkan sesuatu dalam mulut Anda. Begitu pula bagi Anda yang sedang meniti karier dalam berbisnis. Untuk mendapatkan kesuksesan, salah satu kuncinya adalah bijaksana dalam berkata. Kesalahan pada satu kata saja dapat menyebabkan karier hancur.

Misalkan Anda salah mengucapkan kata-kata kepada klien sehingga klien pun enggan untuk berpartner kembali dengan Anda. Padahal mengembalikan kepercayaan sang klien bukanlah perkara yang mudah. Seperti juga yang sudah saya katakan sebelumnya, orang menilai karakter Anda juga berdasarkan cara Anda berbicara. Maka buatlah kesan yang baik dengan memilih kata-kata yang tepat untuk digunakan. Berikut adalah hal-hal yang tidak boleh diucapkan jika Anda ingin berbisnis dengan sukses. Langsung saja kita bahas satu per satu.

a. Kesempatan untuk saya sudah lewat

Banyak orang yang berangan-angan untuk mencapai kesuksesan. Namun mereka malas untuk memulainya. Salah satu yang sering menjadi alasan yaitu mengenai kesempatan yang sudah lewat. Kesempatan adalah situasi terbaik yang mana kita memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan hasil akhir yang baik pula. Namun untuk menjadi orang yang sukses, menunggu kesempatan akan membuat langkah kita terhenti di tengah jalan. Dari pada menunggu, buatlah kesempatan selalu datang untuk mencari kita.

Secara teori, kesempatan terjadi jika ada peluang. Maka dari itu buatlah peluang tersebut. Walaupun itu sangat kecil, Jangan pula merasa sudah terlambat untuk memulai. Karena dengan demikian berarti Anda sudah menyerah dengan keadaan. Selama Tuhan masih memberikan umur kepada kita, berarti Tuhan masih memberikan kesempatan untuk Anda. Jika Anda mengatakan sudah terlambat, berarti Anda berpikiran sempit dan tidak memiliki harapan. Tidak ada kata terlambat jika Anda ingin berusaha dan mengembangkan diri sendiri.

b. Saya tak memiliki pilihan lain

Tidak memiliki pilihan lain berarti dianggap sudah pasrah dengan keadaan. Bisa juga diartikan tidak dapat mensyukuri apa yang sudah diberikan Tuhan pada Anda. Jika sudah begitu, Anda mengerjakan hal tersebut dengan berat hati. Mungkin hal yang menyebabkan Anda berkata begitu karena pilihan yang diambil tidak sesuai dengan kehendak. Dengan kata lain Anda tidak nyaman dengan pilihan itu.

Misalkan Anda yang berjiwa petualang, dipaksa untuk diam di kantor, duduk seharian di depan komputer. Namun perlu Anda ketahui, salah satu rahasia orang-orang sukses adalah mereka yang mau melakukan sesuatu yang tidak nyaman. Jika Anda melakukan pekerjaan yang biasa saja, maka tidak akan mencapai kemajuan yang berarti. Rasa tidak nyaman hanya ada di awal saja, selanjutnya Anda akan terbiasa.

c. Saya tidak bisa

“Saya tidak bisa” adalah kata yang paling ampuh untuk menghambat karier berbisnis Anda. Semua hal yang dilakukan setiap orang pastilah Anda bisa juga melakukannya. Jika berkata demikian, Anda membuang kesempatan yang dapat diolah menjadi kunci gerbang kesuksesan. Salah satu yang membuat berkata demikian adalah malas untuk belajar dan berlatih.

Faktor yang sering terjadi karena Anda merasa tidak memiliki waktu luang untuk sekedar belajar. Selain manajemen waktu, faktor lain adalah karena sudah puas diri dengan segala kondisi yang dimiliki saat ini. Anda merasa sudah melakukan yang terbaik. Padahal belum tentu. Mulailah sekarang menata kembali waktu yang dimiliki, lagi pula belajar tidak memerlukan waktu yang lama. Anda bisa mengisi waktu luang dengan membaca. Percayalah pada diri sendiri jika Anda bisa melakukannya.

d. Mimpi dan tujuan akhir saya bisa ditunda sesaat

Ketika sudah memutuskan untuk berkarier di bidang bisnis, pasti Anda membuat target-target untuk mencapai tujuan. Menurut Stephen Robbins dan Mary Coulter, salah satu manfaat dari melakukan perencanaan adalah untuk mengurangi ketidakpastian. Misalkan ketika seorang pebisnis membuat rencana, ia dipaksa untuk melihat jauh ke depan, meramalkan perubahan, memperkirakan efek dari perubahan tersebut. Namun rencana yang sudah Anda susun pastilah sulit tercapai 100 %. Sehingga membuat Anda memutuskan untuk menunda pekerjaan. Impian yang Anda idam-idamkan pun menjadi tidak jelas kapan terealisasikan. Yang menjadi kacau adalah ketika tujuan awal yang ingin dicapai, tidak segera diselesaikan. Anda malah membuat kembali rencana yang benar-benar baru dan tidak ada hubungannya dengan rencana awal.

Hal ini akan berdampak pada faktor pemikiran Anda. Anda akan di nilai banyak orang sebagai sosok yang tidak konsisten, kabur dari pekerjaannya. Cobalah menghadapi kenyataan yang ada, Anda harus siap dengan apa yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Hargailah diri Anda dengan menuntaskan apa yang sudah direncanakan. Jangan pernah menyerah. Selalu ada jalan untuk memecah dan mencari jawaban permasalahan tersebut, lengkap dengan alternatif solusi, tinggal bagaimana Anda jeli dalam mencari jalan tersebut.

e. Jangan-jangan keputusan saya untuk berbisnis adalah hal yang salah

Perkataan ini ibarat menjilat ludah sendiri. Biasanya perkataan ini terjadi ketika Anda, yang masih pertama kali merintis karier berbisnis akan mengambil sebuah keputusan dari permasalahan yang amat sulit. Anda dihadapi dengan berbagai macam keputusan dan risiko yang akan dihadapi ketika Anda mengambilnya. Anda kebingungan untuk memilih salah satunya. Anda terlalu lama menimbang-menimbang segala kemungkinan yang dapat terjadi sehingga resiko yang mungkin terjadi menjadi lebih kompleks.

Untuk mencegah hal itu, percayalah pada diri sendiri bahwa keputusan yang sudah dipilih adalah tepat. Maka dari itu, sebelum memutuskan akan terjun ke dunia bisnis, pastikan sudah mengenal dengan jenis bisnis yang akan ditekuni. Anda pun harus siap secara mental dan pengetahuan serta modal. Ketiga hal itu menjadi sebuah syarat mutlak yang harus dimiliki setiap orang dalam berbisnis.

Itulah tadi artikel mengenai berbagai hal yang tidak boleh diucapkan untuk menjadi seorang pebisnis sukses. Jika Anda dapat menjalankan tips-tips di atas dengan baik, pastilah Anda akan mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis. Namun demikian, ada faktor lain yang dapat menjadi penentu, yaitu niat untuk menjalankannya. Akhir kata, semoga Anda dapat menjadi orang yang sukses dalam berbisnis.

Leave a Reply

Close Menu