5 Kreatifitas yang Akan Membuat Anda Sukses

5 Kreatifitas yang Akan Membuat Anda Sukses

Share Artikel

Banyak para pebisnis yang memulai bisnisnya dari hal yang tidak dianggap penting oleh orang lain. Bahkan terkadang orang hanya melihatnya sebagai sebuah hobi atau mainan belaka. Namun apa jadinya jika apa yang telah ditekuni itu bisa menjadi ladang bisnis sukses yang bisa melanglang buana mengirimkan produk- produknya ke berbagai daerah hingga ke pelosok- pelosok bahkan ke luar negeri.

Pasti orang-orang yang mengejek sebelumnya akan terheran-heran dengan pencapaian saat itu. Namun, bagaimana untuk bisa mendapatkan ide usaha yang dapat membawa pada pencapaian yang sangat memuaskan tersebut? Tentu saja Anda harus berpikir keras untuk melihat peluang yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah ide yang cemerlang yang dapat dikembangkan. Anda perlu melakukan riset pasar dan memadukannya dengan kreatifitas yang dimiliki. Berikut ini adalah kreatifitas- kreatifitas yang akan membuat Anda sukses.

1. Kombinasikan ide yang umum menjadi sesuatu yang berbeda

Ketika Anda telah melakukan pengamatan- pengamatan terhadap kebutuhan pasar saat ini, Anda pasti akan menemukan gambaran tentang usaha-usaha yang mungkin bisa dilakukan. Kemudian, dari ide-ide usaha yang didapatkan tersebut, Anda dapat mengkombinasikannya menjadi sebuah usaha baru yang lebih baik dari usaha-usaha yang sudah ada.

Anda bisa mengambil sisi-sisi baik dari berbagai ide usaha yang sudah ada kemudian menggabungkannya menjadi usaha baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Anda perlu menyiapkan inovasi-inovasi untuk menghadapi persaingan pasar.

Sebaiknya juga mencari informasi mengenai bagaimana proses pendirian usaha, bagaimana memilih lokasi yang tepat untuk usaha Anda, bagaimana membangun jaringan untuk perkembangan bisnis, dan bagaimana mendapatkan relasi kerja yang mungkin bisa diajak kerjasama untuk perkembangan bisnis Anda. Dengan adanya ide yang brilian dan perencanaan yang matang akan membawa diri Anda menjadi pebisnis yang sukses.

2. Perubahan adalah tantangan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pasti mempengaruhi perkembangan gaya hidup masyarakat saat ini. Gaya hidup tersebut meliputi fashion, selera makanan, cara berpikir, dan lain-lain. Perkembangan tersebut tentu akan menimbulkan perubahan minat konsumen terhadap produk-produk tertentu. Produk yang saat ini dianggap menjadi brand bisa saja menjadi tidak dikenali setelah adanya perkembangan.

Maka dari itu perubahan adalah tantangan bagi para pebisnis. Sebagai pebisnis Anda harus siap menghadapi tantangan tersebut.Tantangan untuk dapat tetap mempertahankan produknya menjadi brand dan popular di kalangan masyarakat. Hal ini tentu tidak semudah membalikkan telapan tangan, tapi ini harus dilakukan.

Anda harus berpikir ekstra keras untuk dapat memunculakn ide-ide dan kreatifitas-kreatifitas untuk memberikan inovasi pada produk yang Anda kembangkan. Hal ini memang sulit, tapi ketika Anda dapat melaluinya, Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri, selain itu Anda pasti akan menjadi pebisnis sukses.

3. Berpikir tentang hal yang tidak terpikirkan

Mempunyai inovasi bisnis merupakan keharusan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis sukses. Berpikir untuk maju dan selalu memiliki rencana untuk mengembangkan bisnis harus selalu melekat pada pemikiran calon pebisnis sukses. Pebisnis harus memikirkan sekecil apapun hal yang berbeda yang dapat ia lakukan untuk membuat bisnis mereka unik dan memiliki nilai lebih dibandingkan produk- produk lain.

Anda harus berusaha memikirkan hal-hal dari yang sederhana dan sekecil mungkin hingga yang lebih dari itu yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Hal ini dapat menjadikan lebih mudah untuk membuat kreatifitas maupun inovasi bisnis yang fenomenal dan inovatif. Keunikan produk Anda akan memunculkan rasa penasaran di hati para konsumen untuk mencobanya, hal ini dapat Anda manfaatkan untuk menarik mereka menjadi pelanggan tetap.

Bagaimana bisa seperti itu? Selain mengandalkan keunikan produk, Anda perlu mengutamakan pelayanan yang prima, program- program yang mendukung kesuksesan pemasaran produk seperti diskon spesial, promo speasial, happy hour bagi konsumen, selain itu perlu diberikan fasilitas-fasilitas seperti hotspot gratis, mushola, toilet, dan lain-lain. Dengan begitu pemasaran produk akansemakin lancar dan bisnis akan semakin berkembang dan Anda dapat menjadi pebisnis yang sukses.

4. Selalu peka terhadap lingkungan sekitar

Lokasi sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis Anda. Anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana kondisi lingkungan di sekitar lokasi, bagaimana tanggapan masyarakat sekitar dengan berdirinya bisnis Anda di lingkungan itu. Anda sebaiknya juga harus peka terhadap respon masyarakat lingkungan sekitar.

Respon tersebut seperti kebutuhan masyarakat lingkungan sekitar akan produk yang Anda produksi, adakah tokoh yang tidak setuju dengan berdirinya bisnis tersebut, bagaimana sistem kebersihan di lingkungan tersebut (apakah ada yang sudah bertugas untuk membuang sampah atau perlu memiliki pegawai khusus untuk menangani masalah sampah), dan lain-lain. Hal ini perlu diperhatikan demi kelancaran bisnis Anda.

Selain itu, lingkungan di sini bisa termasuk lingkungan secara luas yang berarti masyarakat umum. Anda harus peka terhadap kebutuhan masyarakat umum, sehingga Anda bisa mendesain atau membuat produk yang bisa merambah dan dibutuhkan semua kalangan masyarakat. Dengan demikian produk Anda bisa menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan oleh masyarakat.

Kepekaan terhadap lingkungan sekitar bisa menjadi bahan pengamatan bagi Anda sebagai bahan perencanaan untuk memberikan inovasi pada produk Anda untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Dengan demikian bisnis Anda akan terencana dengan baik. Kesuksesan berawal dari perencanaan yang baik dan terarah.

5. Laksanakan apa yang Anda pikirkan

Ketika akan memulai bisnis, Anda pasti telah merencanakan hal-hal yang akan Anda lakukan selanjutnya. Akan tetapi, pikiran-pikiran negatif terkadang akan muncul dan menghambat gerak Anda. Pikiran negatif tersebut bisa muncul dari orang lain yang merasa ragu-ragu dengan apa yang sudah direncanakan dan dipikirkan.

Perasaan ragu- ragu akan muncul seiring dengan adanya rasa percaya diri. Perasaan ragu- ragu dan takut gagal yang muncul dari diri sendiri merupakan penghambat yang paling besar dan paling berbahaya bagi bisnis Anda. Mengetahui hal tersebut, sebaiknya Anda segera melaksanakan apa yang Anda pikirkan.

Anda tidak diperkenankan untuk memikirkan resiko-resiko dan kegagalan yang akan menimpa Anda. Tapi sebaiknya Anda memikirkan rencana-rencana lain yang bisa menjadi rencana B Anda jika rencana A gagal. Dengan begitu Anda akan memiliki lebih banyak persiapan dan lebih memiliki rasa percaya diri karena sudah mempunyai rencana cadangan.

Leave a Reply

Close Menu