5 Rumus Sukses

5 Rumus Sukses

Share Artikel

Mencapai kesuksesan adalah impian banyak orang, bahkan semua orang ingin menjadi orang yang sukses. Sukses bisa dicapai oleh siapa pun. Sukses tidak hanya dapat dicapai oleh orang ternama ataupun keluarga dari keturunan darah biru. Orang dari kelas bawah atau dari keluarga yang terpinggirkan pun dapat meraih kesuksesan. Tentu saja sukses tidak datang secara instan. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mencapai kesuksesan.

Anda harus melakukan perencanaan yang matang mulai dari pendirian usaha, administrasi, sistem produksi, sistem pemasaran, dan pengembangan produk. Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan produk yang akan diproduksi, sehingga dengan mudah dapat mengetahui pangsa pasar yang sedang ramai dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Selain, itu Anda dapat melakukan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kesuksesan usaha.

Beberapa rumus sukses yang dapat Anda lakukan antara lain:

1. Komunikasi yang intens

Mengapa komunikasi menjadi hal yang penting untuk mencapai kesuksesan? Karena dengan adanya komunikasi Anda dapat membentuk sebuah jaringan atau relasi yang baik dengan pihak lain maupun dengan konsumen. Dengan membangun komunikasi yang intens dengan pihak lain, hal itu akan memungkinkan pihak lain bersedia bekerja sama untuk menjadi distributor maupun reseller produk Anda.

Dengan begitu Anda akan mempunyai jaringan bisnis yang akan mempermudah pemasaran produk. Semakin Anda memperbanyak relasi dan menjaga komunikasi, maka akan timbul kepercayaan pada bisnis Anda. Dengan begitu akan mudah untuk mendapatkan kepercayaan mereka untuk menyetok barang. Sehingga pemasaran produk Anda akan semakin lancar dan menyebar ke berbagai daerah.

Selain membangun komunikasi dengan relasi maupun pihak lain, Anda juga perlu membangun komunikasi dengan konsumen atau pelanggan. Konsumen adalah pihak yang sangat penting untuk kelangsungan hidup bisnis Anda. Tanpa adanya konsumen, bisnis tidak akan berjalan. Oleh karena itu, perlu sistem pemasaran yang baik, sehingga produk Anda dapat dikenal khalayak umum dan mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.

Konsumen yang sudah Anda dapat, perlu dijaga agar tidak berpaling pada produk yang lain. Selain perlu adanya peningkatan mutu produk, perlu juga menjalin komunikasi secara intens dengan konsumen. Komunikasi yang baik akan memberikan kesan ramah dan bersahabat. Sehingga akan memberikan rasa nyaman bagi konsumen.

Anda bisa sekedar menanyakan kabar atau hal-hal lain yang memungkinkan dapat membuat konsumen merasa diperhatikan. Terkadang jika konsumen sudah merasa nyaman dengan Anda, mereka tidak akan terlalu perhitungan dengan harga yang Anda berikan. So, tetaplah jaga komunikasi dengan konsumen Anda.

2. Kreatifitas yang selalu diasah

Persaingan pasar pasti akan menjadi kendala utama dalam dunia bisnis. Ketika Anda membuat suatu produk yang benar-benar baru dan ternyata dapat mengundang banyak peminat, tentu akan memunculkan usaha-usaha lain untuk memproduksi produk yang sejenis dengan produk Anda. Bahkan mereka dapat memberikan sesuatu yang lebih dari produk yang telah Anda buat. Hal ini tentu akan menjadi sebuah dilema bagi Anda.

Anda harus memutar otak untuk dapat menjaga pelanggan yang telah ada tanpa membuat mereka kecewa dengan produk yang ditawarkan. Menjaga komunikasi dengan konsumen sangat perlu dilakukan, selain itu Anda perlu mengasah kreatifitas untuk meningkatkan mutu bisnis Anda tersebut. Anda dapat memberikan kreatifitas pada cara pelayanan, kreatifitas pada penyajian produk, maupun kratifitas pada hal- hal lain. Dengan begitu ketertarikan konsumen pada produk Anda akan meningkat seiring dengan banyaknya produk-produk yang sejenis yang bermunculan.

3. Adaptasi terhadap lingkungan

Sebagai pengusaha yang masih baru di dunia bisnis, Anda perlu melakukan adaptasi dengan lingkungan. Adaptasi ini seharusnya dilakukan dengan lingkungan lokasi dimana Anda mendirikan usaha. Anda harus mengetahui mayoritas mata pencaharian masyarakat di sekitar lokasi, apakah mereka orang kantoran, orang biasa, atau mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan harga produk.

Selain itu, Anda perlu melakukan adaptasi yang lebih luas lagi, yaitu melakukan adaptasi dengan lingkungan pasar. Hal ini dilakukan untuk melakukan riset pasar. Anda harus mengetahui trend yang sedang naik daun saat ini. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan produk Anda dengan trend tersebut.

4. Pasarkan pada sebuah komunitas

Sistem pemasaran menjadi hal yang sangat penting untuk perkembangan sebuah bisnis. Sistem pemasaran merupakan mata rantai yang menghubungkan produk Anda dengan konsumen. Oleh karena itu, diperlukan sistem pemasaran yang jitu untuk mendapatkan banyak konsumen. Pemasaran dapat dilakukan melalui pameran, pemasangan banner, pembagian brosur, dan lain- lain. Namun memasarkan produk pada sebuah komunitas dipercaya akan lebih optimal dan terukur.

Mengapa demikian? Komunitas adalah suatu kumpulan yang solid dimana mereka telah menjalin komunikasi dengan baik. Setiap anggota komunitas pasti memiliki rekan kerja maupun keluarga di luar komunitas tersebut. Bahkan, satu anggota komunitas bisa menjadi anggota dari beberapa komunitas.

Ketika Anda memasarkan produk dalam suatu komunitas dan berhasil menarik simpati serta berhasil memberikan kepuasan kepada para anggota komunitas terhadap produk Anda, hal itu berarti Anda telah membentuk jaringan konsumen produk yang akan merangkul konsumen dengan jumlah yang berlipat-lipat dari jumlah anggota komunitas tersebut. Hal ini berkaitan dengan peran “informasi dan komunikasi”. Ketika mereka merasa puas pada suatu produk, pasti mereka akan menginformasikannya kepada anggota keluarga maupun sahabat dan rekan bisnis mereka.

5. Inovasi produk

Sejalan dengan perkembangan teknologi, kebutuhan dan selera masyarakat pun juga akan berubah. Karena kebutuhan masyarakat selalu berubah-ubah, maka pangsa pasar pun juga akan berubah. Mereka yang tidak bisa mengikuti pangsa pasar biasanya akan “mati” karena konsumen akan lari mencari produk lain yang sesuai dengan kebutuhan mereka, namun mereka yang mampu mengikuti perkembangan akan tetap berjaya dan mampu mempertahankan dan bahkan meningkatkan konsumen yang mereka miliki. Sehingga dapat dikatakan bahwa pangsa pasar akan mempengaruhi omset penjualan sebuah produk.

Untuk tetap menjaga omset penjualan produk Anda tetap stabil, Anda perlu melakukan inovasi produk. Hal ini akan menghindari kebosanan konsumen pada produk tersebut. Inovasi produk akan memberikan kesan baru pada produk Anda. Inovasi apa saja yang perlu diberikan pada sebuah produk? Ada bermacam- macam inovasi yang bisa Anda kembangkan.

Anda dapat mengembangkan inovasi produk dengan cara merubah bentuk produk Anda, memberikan tambahan fasilitas yang bisa digunakan oleh produk Anda, dan lain- lain. Intinya inovasi yang Anda berikan sebaiknya sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar saat ini.

Leave a Reply

Close Menu