11 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga
usaha rumahan ibu rumah tangga

11 Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Share Artikel

Ada banyak alasan kenapa ibu rumah tangga ingin mencari penghasilan tambahan. Ada yang ingin membantu suaminya karena kebutuhan pokok semakin mahal, ada yang ingin punya penghasilan sendiri, ada yang merasa bosan, karena sudah terbiasa kerja dikantor. Ya apapun alasannya tidak ada salahnya jika ibu rumah tangga ingin mencari penghasilan sendiri.

Sesuai perkembangan zaman dari tahun ke tahun, ada banyak jenis usaha rumahan ibu rumah tangga yang dapat Anda lakukan disela-sela waktu mengurus keluarga. Memang sebagian besar orang melihat bahwa usaha rumahan untuk ibu rumah tangga ini hanya sekedar sampingan belaka. Namun, jangan salah jika Anda serius menjalaninya maka hasilnya pun akan memuaskan.

Anda pun harus tau usaha rumahan ibu rumah tangga apa saja yang cocok, yang tepat dan yang mudah dijalankan. Hal paling utama dalam menjalankan bisnisnya adalah keberanian dan keuletan. Keuletan sekaligus kreativitas yang Anda miliki sangatlah diuji dalam menjalankan suatu usaha. Maka dari itu meskipun Anda mengalami pasang surut dalam menjalani usahanya, hal tersebut dapat Anda atasi dengan baik.

Berikut ini adalah usaha rumahan ibu rumah tangga yang cocok untuk anda

  1. Jualan Online
    jualan onlineAnda hanya membutuhkan Smartphone dan koneksi internet untuk menjalankan bisnis ini. Anda bisa menjual produk sendiri, atau menjadi reseller produk orang lain. Hanya tinggal foto produk lalu upload ke social media, customer anda akan mulai membanjiri chat di smartphone anda.
    Bila memiliki keterampilan di bidang pemasaran internet atau sosial media, tidak ada salahnya Anda membuat toko online sendiri dan mengelolanya secara profesional.
    Jika anda bingung ingin menjual apa, anda bisa memulai dengan menjual sandal sancu
  2. Menjadi Penulis Lepas
    penulispermintaan kebutuhan penulis lepas terus berkembang setiap tahun. Profesi ini menawarkan penghasilan yang menjanjikan lho.
    artikel, baik itu artikel narasi, tutorial, maupun informasi/berita, Anda bisa menyalurkannya sebagai penulis artikel blog/website.
    Ada beberapa media online yang butuh penulis artikel secara konsisten. Inilah peluang yang bsia dimanfaatkan oleh para penulis artikel untuk mendapatkan uang dari hobi menulis.
  3. Jualan Kue Kering
    Jualan kue keringIni juga ide bagus, sekalipun sudah banyak yang melakukannya. Jika pada dasarnya Anda memang suka dan berbakat dalam mengolah berbagai kudapan, tak ada salahnya mencoba bisnis berbagai macam kue atau makanan kering.
    Saat masuk Ramadhan dan hari raya, atau menjelang Natal, Anda bisa ikut tren bisnis kue-kue kering. Di hari-hari biasa, buatlah makanan-makanan kecil yang banyak disukai seperti berbagai jenis keripik, makanan beku, dan camilan lain.
    Langkah awal, tawarkan buatan Anda kepada kerabat atau tetangga untuk melihat respon mereka. Apakah mereka menyukainya, atau ada yang harus yang Anda perbaiki cita rasanya. Setelah mendapat respon baik, Anda bisa mulai mempromosikan bisnis Anda.
    Anda juga bisa bekerja sama dengan kantin-kantin sekolah untuk menitipkan kue-kue tersebut. Tidak hanya kantin, banyak tempat yang bisa diajak kerja sama. Misal warung-warung di sekitar lokasi rumah, koperasi, atau bahkan supermarket.
    Jika bisnis Anda sudah berkembang dan dikenal banyak orang, Anda bisa sekaligus membuka kursus atau kelas membuat kue. Jadi, Anda tidak hanya mendapatkan penghasilan dari menjual kue, tapi juga dari mengajar kelas memasak. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampui.
  4. Les Private / Guru Ngaji
    les privatSenang mengajar dan memiliki kemampuan akademik yang baik di bidang mata pelajaran tertentu, maka Anda dapat membuka tempat les bagi anak-anak sekolah di sekitar rumah Anda.
    Ini adalah sebuah usaha rumahan ibu rumah tangga yang memang butuh kemampuan yang sangat baik, karena itu pastikan Anda memiliki kemampuan akademik dan keyakinan yang kuat untuk menjalankan bisnis ini.
  5. Loket Pembayaran Tagihan atau PPOB (Payment Point Online Bank)
    loket pembayaranBagi anda yang belum tau, PPOB adalah usaha rumahan jasa pembayaran tagihan pokok bulanan, seperti pembayaran listrik, air pam, internet, pulsa listrik, pulsa telepon dll. Usaha rumahan ini sangat menjanjikan. Karena masyarakat sekitar pasti akan membayar ditempat anda, daripada harus ke ATM yang jaraknya lumayan jauh. Usaha ini juga dapat mempererat tali silaturahmi, karena tetangga anda akan datang ke rumah anda untuk membayar tagihan melalui anda.
  6. Bisnis Tanaman
    usaha tanaman hiasAnda punya hobi merawat tanaman, hobi ini bisa dijadikan bisnis sampingan. Bahkan kalau mau telaten penghasilannya bisa melebihi gaji kantoran.
    Bisnis tanaman merupakan salah satu model bisnis yang paling cepat berkembang.
    Ada banyak varian yang bisa dijadikan bisnis seperti obat herbal dan rempah-rempah, atau menjual bunga hias berbagai jenis.
  7. Jahit Pakaian
    usaha rumahan yang menjanjikanIni adalah salah satu usaha rumahan yang membutuhkan modal kecil. Hanya dengan modal keterapilan, benang, dan jarum.
    Jasa jahit ini tidak akan sepi pengunjung sebab bukan hanya untuk membuat atau menjahit pakaian jadi tapi untuk perbaikan baju robek juga bisa anda lakukan. Hal ini sangat menguntungkan karena tidak semua orang itu kaya dan bisa memperbaiki pakaiannya sendiri. Usaha rumahan modal kecil ini akan semakin ramai pelanggan pada momen-momen tertentu contohnya ketika hari raya atau masa masuk sekolah.
  8. Warung
    warungMembuka warung merupakan usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang sudah banyak orang lakukan. Usaha rumahan semacam ini cukup mudah dan tentunya dapat dilakukan secara bersamaan dengan mengurus anak dan rumah. Anda hanya perlu membuka warung di rumah Anda, barang yang dijual tentunya seputar kebutuhan rumah tangga untuk tetangga sekeliling Anda, seperti perlengkapan mandi, cuci, sembako dan lain-lain. Kegiatan yang dilakukan hanya ketika ada seorang pembeli datang, sehingga urusan rumah tangga masih akan tetap dilaksanakan dengan mudah.
  9. Jasa Laundry
    jasa laundryJasa Laundry atau jasa mencuci pakaian adalah usaha rumahan ibu rumah tangga yang sangat diminati saat ini, khususnya di kota besar. kenapa ? karena orang-orang di kota besar cenderung sibuk bekerja dari pagi sampai malam. Jadi mereka tidak punya waktu untuk mencuci atau mereka sudah terlalu lelah untuk mencuci pakaian.
  10. Jual Makanan Matang
    gorenganMakanan adalah kebutuhan pokok semua orang. Ada banyak pilihan makanan yang bisa anda pilih, misal jualan nasi uduk atau lontong sayur untuk sarapan, bisa juga membuka warung kecil-kecilan, atau jualan gorengan. Asalkan masakan anda nikmat, tidak perlu kawatir tidak ada pelanggan. Pelanggan akan datang dengan sendiri nya kepada anda. Jaga rasa dan kualitas bahan makanan, pasti pelanggan anda tidak akan berkurang.
  11. Kerajinan Tangan
    kerajinan tangan

    Pada dasarnya, sesuatu yang dihasilkan tangan (hand made) akan memiliki nilai jual lebih tinggi, terlebih jika produk tersebut lucu dan unik. Selain akan memperolah laba dan penghasilan dari penjualan kerajinan tangan, Anda juga dapat menyalurkan hobi anda.Sebelum mulai usaha rumahan ibu rumah tangga ini, ada baiknya Anda selalu melakukan riset dahulu melalui internet atau datang langsung ke tempat penjual suvenir yang saat ini sedang viral. Anda bisa menirunya dan tentunya memodifikasinya. Namun, akan lebih bagus jika Anda menciptakan kerajinan tangan anda sendiri.

Ibu Rumah Tangga Berkesempatan Mencari Uang
Setiap wanita memiliki kesempatan untuk bisa mencari uang tambahan jika memiliki niat dan semangat.
Jadilah seorang supermom yang bisa melakukan segala hal yang berguna!

Leave a Reply

Close Menu
WhatsApp Chat langsung di Whatsapp